SEJARAH SINGKAT

SEJARAH SINGKAT


       Sekolah ini berdiri pertama sekali pada Tahun 1961 dengan nama “Sekolah Teknologi Menengah Pekerjaan Umum”  disingkat dengan nama “STM PU Prop. DT- I Djabar” berdasarkan SK Gubernur Kepala Daerah Djawa Barat Nomor : 15/UP/VIII-b/i/61, tanggal 27 Djuli 1961.

Sejak berdirinya sampai saat ini, sekolah berdomisili di Jl. Garut No.10 Bandung. Adapun dasar pertimbangan Gubernur Kepala Daerah Djawa Barat menerbitkan SK diatas adalah sebagai berikut :

1      Bahwa guna mengisi kekurangan tenaga teknik menengah pada Djawatan Pekerjaan Umum Daerah Tingkat I dan II Djawa Barat untuk melaksanakan pembangunan sesuai dengan program pemerintah dibutuhkan sejumlah tenaga berpendidikan teknik menengah dalam jangka waktu pendek.

2      Bahwa tenaga-tenaga tersebut diperlukan untuk mengisi lowongan tenaga-tenaga teknik menengah yang telah diberhentikan dengan hak pensiun.

3      Bahwa hasil dari sekolah-sekolah Teknik Menengah yang ada di Djawa Barat belum dapat memenuhi kebutuhan dinas Pekerjaan Umum dalam lingkungan Daerah Tingkat I Djawa Barat.

Adapun Jurusan/Kompetensi Keahlian sesuai tahun berdiri sebagai berikut :

No

Jurusan/Program Studi

Tahun

1.

Teknik Sipil/Bangunan Air

1961 s/d 2000

2.

Teknik Mesin

1968 s/d 1973

3.

Teknik Geodesi/ Survei dan Pemetaan/ Geomatika

1971 s/d sekarang

4.

Teknik Konstruksi Bangunan

2000 s/d Tahun 2003

5.

Teknik Gambar Bangunan

2001 s/d sekarang

6.

Teknik Komputer & Jaringan

2004 s.d sekarang

7.

Teknik Mekanik Kendaraan Ringan

2004 s/d sekarang

8.

Teknik Pemesinan

2012 s/d sekarang

9.

Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik

2012 s/d sekarang

Pada awalnya sekolah ini pengelolaannya di bawah Binaan Yayasan Darmaloka Provinsi Jawa Barat, dengan berjalannya waktu maka terjadilah perubahan Regulasi dan kebijakan pemerintah maka pada tanggal 12 Januari 2012 pengelolaan sekolah diserahkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sehingga beralih status yang semula berstatus Sekolah Swasta menjadi Sekolah Negeri dengan nama “Sekolah Menengah Kejuruan Pekerjaan Umum Negeri Bandung Provinsi Jawa Barat” disingkat jadi “SMK PU Negeri Bandung Prov. Jabar”

Sejak Tahun 2013 sampai saat ini maka sekolah memiliki 6 (enam) paket keahlian yaitu:

              1.      Geomatika / Teknik Survey Pemetaan (TSP)

              2.      Teknik Gambar Bangunan (TGB)

              3.      Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

              4.      Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

              5.      Teknik Pemesinan (TPM)

              6.      Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL)

Melalui berbagai upaya seluruh warga sekolah dalam mengembangkan serta meningkatkan mutu pendidikan  terutama dalam pelayanan terhadap pelanggan baik internal maupun eksternal menuju kepuasan konsumen maka pada Tahun 2015 SMK PU Negeri Bandung melalui audit/penilaian yang dilakukan oleh pihak  Auditor dari lembaga internasional PT. TUV Rheinland terhadap manajemen sekolah maka SMK PU Negeri Bandung mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2008 dengan Nomor Sertifikat: ID.9105083548 

Personal ketenagaan SMK PU Negeri Bandung Provinsi Jawa Barat saat ini, terdiri dari Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.  Kepala Sekolah akan selalu berupaya untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dari SDM yang ada melalui kerja sama dengan Dinas Pendidikan maupun dengan biaya swadaya sendiri.

Untuk memasarkan lulusan SMK PU Negeri Bandung Provinsi Jawa Barat yang jumlahnya relatif banyak, maka pihak sekolah telah membentuk Bursa Kerja Khusus (BKK). BKK merupakan penghubung antara para lulusan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI). Melalui BKK para lulusan dapat mencari informasi DU/DI yang sedang memerlukan tenaga kerja, dan melalui BKK ini pula pihak DU/DI dapat mencari calon-calon tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang diperlukan.

Copyrights © 2017 All Rights Reserved